Pages

Tuesday, November 15, 2011

Kisah tentang BANDUNG (part I)

Pagi ini, dikantor bener-bener bingung mau ngapain. Liat dimeja, udah gak ada tumpukan2 odner, itu tandanya belom ada lagi kontrak2 yang harus di review. Mumpung belom ada kerjaan apa-apa, rasanya ini blog sepi banget ya dari tulisan-tulisan. Jadi "mumpung" lagi gatel pengen bahas tentang BANDUNG, mari dihidupkan lagi ini blognya.

Kenapa milih tema tentang BANDUNG? Jadi, berawal dari dorongan ikut training dari kantor, trainingnya itu milih sendiri mau dimana dan kapan. Entah kenapa yang langsung terbesit di otak itu akan milih di bandung, padahal kota-kota lainnya kaya bali, jogja, balikpapan, medan juga menggiurkan. Minjem quotenya seorang teman bernama Tri Nurmalasari (halo titi, apa kabar? minjem ya kata2 sakti yang slalu bikin pengen ke bandung terus) "selalu ada alasan untuk kembali ke bandung". Pas banget ada training di hari yang oke (kamis dan jumat) dengan tema yang pas dengan kerjaan saya. Bisa sekalian extend kan tuhhhhh. Cihuuuy deh. Kalo ngebahas bandung, gak jauh-jauh deh dari ke-mellow-an saya nginget-nginet memory tentang bandung semasa kuliah dulu.

Jadi di postingan ini, saya bakal ngebahas tentang tempat-tempat kenangan jaman dulu yang sering saya datengin sama temen-temen (*maupun mantan pacar, hehe)

Dulu, saya kost di sekitaran Tubagus Ismail. Tubagus ini emang daerahnya anak-anak kosan. Dari awal kuliah sampe lulus kuliah, gak pernah beranjak dari daerah ini. Meskipun udah pindah kosan berkali-kali, selalu ditubagus lagi Tubagus lagi. Kosan di daerah tubagus itu enak, akses kemana-mana deket (*yaiyalaahh bandung kan bukan jakarta, kemana-mana juga deket), gak sumpek. Dari semua kosan yang pernah saya tiduri (*eh kok ga enak ya kata ”tiduri”nya*, yang paling nyaman dan bikin saya bahagia itu kosan CB2C, singkatan dari ”Ciheulang baru 2c”. 

Awalnya, saya dan temen-temen deket dikampus punya ide untung ngekost bareng-bareng. Dimulailah pencarian kosan, setelah nyari kemana-mana akhirnya jatuh hati lah pada 1 rumah yang masih 80% jadi, ternyata itu buat kosan dan belom ada yang isi, kebetulan banget isinya ada 6 kamar. Jadilah kami memutuskan untuk memilih cb2c untuk tempat kami bernaung. Kenangan di cb2c ini super duper buanyak. Dari mulai hal positif sampe negatif (*yang akhirnya dianggap sebagai suatu kepositifan). 

Kosan ini gak pernah yang namanya sunyi (*sunyi kalo penghuninya lagi pada kuliah atau lagi pada pulang ke Jakarta), selaluuuu aja rame. Sampe saking ramenya, udah berkali-kali kosan ditimpuk sama bapak-bapak penghuni rumah depan, diteriakin, dilaporin ke pak RT, diaduin ke ibu kosan, sampe akhirnya nyaris diusir ibu kosan. Gimana gak ngelus2 dada coba itu ibu kosan, kosan cewe brisik gak tau waktu, diatas jam 12 malem sodara-sodara! Hahaha. Ngapain aja coba aktifitas penghuninya? Apalagi kalo bukan main kartu, ngata-ngatain orang, ketawa-ketawa, sambil nonton tv/nyanyi-nyanyi + minum kopi! Bener-bener bukan selayaknya kosan wanita. Cb2c ini saksi bisu semua cerita para penghuninya, dari mulai ”ngebandel” bareng, belajar bareng, ngatain orang bareng. 

Ada 1 spot favorite kita semua, yaitu JENDELA. Di jendela itu lah para penghuni ngerti apa artinya ”persahabatan”, apa artinya ”saling mengerti”. Ya mengerti bahwa ada temen yang otaknya sengklek, ada temen yang otaknya lemot, ada temen yang pikirannya mesum, dll (*ups). Ibaratnya dulu, kalo udah memasuki WIG (Waktu Indonesia bagian Galau), mulailah bermunculan para penghuni duduk-duduk santai di jendela sambil liatin bintang dan menghirup segernya udara bandung (*ngek), dan selalu ada kata-kata ”namanya juga hidup nyet” disetiap bagian curhatan, entah apapun tema curhatannya. Aktivitas itu nyaris rutin setiap hari dilakuin, gak perduli besoknya ada kuliah/bimbingan skripsi pagi-pagi. Kalo aktivitas siangnya, setelah pulang kuliah atau sebelum brangkat kuliah biasanya para penghuni makan dikosan, ya delivery KABUL (kantin bulan), kantin aa, kantin risya, atau mc.d. Gilak, maaaakk kangen banget ini jadinya sama makanan sederhana itu. Dulu kalo pesen kabul, selalu gak jauh-jauh dari ayam cabe ijo+tempe medoan atau ayam cabe merah+kuah gule+mendoan, biasa aja sebenernya, tapi entah kenapa makannya itu-itu mulu. ----stooopppp cerita tentang cb2c harus di stop! Bisa panjangnya maksimal kalo dilanjutin!------
foto diambil pada saat penulis minggu lalu ke bandung dan nostalgia melewati kosan ini. KANGEN JENDELA ITU!

Mari kita beralih cerita. Saat lagi kangen-kangennya sama bandung kaya sekarang ini, tempat-tempat ini nih yang bikin saya rindu.

1.      Boemi Joglo
Boemi joglo letaknya ada di daerah dago pakar. Makanannya nyam banget! Biasanya saya pesen 3 makanan wajib yaitu nasi liwet, tempe mendoan, sate marangi. Nasi liwetnya sih sebenernya ada 2 pilihan, ada nasi liwet ayam dan nasi liwet ikan asin, tapi biasanya saya pesen nasi liwet ayam. Porsinya ada yang buat berdua, ber empat, atau ber enam. Nah yang juaranya itu emang tempe mendoannya. 1 porsi isinya ada 5 tempe. Enaaaaaaak bangeeeet dipaduin sama si nasi liwet+sate marangi. Kalo si tempe ini dateng duluan, bisa langsung abis seketika sebelum nasi dan satenya dateng. Makanan enak, tempatpun gak kalah enaknya, sejuk banyak pohon-pohonya, bikin abis makan pengen langsung bobo bobo aja gak mau bergerak. 

2.      Sop Kaki BCA
Sebenernya nama aslinya sop kaki bapak siapa gitu, tapi berhubung letaknya persis di depan bank BCA dago, jadi akrab disebut sop kaki BCA. Ini makanan berdosa yang selalu pengen dilanggar dosanya. Kuahnya bersanten tapi gak eneg, ditambah minta tambahan minyak saminnya. Minyak ini nih yang bikin makannya makin merem melek. Pilihannya gak Cuma kambing, tapi ada daging sapinya juga. Bukanya sekitar jam 6 sore, kalo malem rame banget, dan hari senin tutup. 

3.      Jack’s House
Kalo inget tempat ini, yang terlintas diotak itu gertakan suara laki-laki diujung telpon yang bilang ”PULANG KAMU DARI TEMPAT SAMPAH ITU, bagi temen2 yang tau crita ini pasti paham. Sebenernya ini tempat hangout biasa dibilangan dago pakar, tempat buat ngelepas stress dengan ketawa-ketawa, goyang-goyang badan dikit, sambil nanggepin temen saya grahita a.k.a bambang yang slalu ngomong in english klo udah mulai ”agak-agak”. 

4.      Potluck
Saya sering ke potluck semenjak menyentuh yang namanya perskripsian. Tempat paling enjoy buat ngerjain skripsi. Tempatnya tenang dan yang terpenting full wi fi. Rekor saya pernah anteng ditempat ini dari jam 12 siang sampe jam 11 malem! Saking seringnya, si mas-masnya sampe pernah beberapa kali ngasih minuman gratis. Dulu sih kalo disini pesennya standar kopi2an, teriyaki udon, atau semacam cinammon pastry. 

5.      ... to be continue...

*penulis tiba-tiba pegel dan kedatengan odner-odner yang siap dilahap*

Doa diujung posting :

“Ya Allah, tanamkan niat yang besar didiri saya untuk melanjutkan postingan ini nanti dan jauhkan saya dari sifat pemalas dan “angot-angotan”. AMIN.

No comments:

Post a Comment